Tuesday, March 25, 2014


Hilangnya al-Quran dan Ilmu Agama

Khabar ini sangat memprihatinkan bagi kaum Muslimin, iaitu: Lenyapnya al-Qur'an dan hilangnya ilmu agama pada akhir zaman. Berita menyedihkan ini boleh dikaji dalam Hadith Sunan Ibnu Majah Babul Dhahabil Quran wa Ilmi (26) Kitabul Fitan (36).

Para sahabatpun hairan dan bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimana ilmu boleh lenyap sedangkan kita selalu membaca al-Qur'an dan terus-menerus mengajarkannya kepada anak cucu secara turun-menurun sampai hari kiamat?”
Rasulullah menjawab: “Celaka engkau, bukankah Taurat dan Injil saat ini masih ada namun kaum mereka tidak mengamalkannya?”
Demikianlah Rasulullah SAW membandingkan hilangnya kitab-kitab suci Taurat, Injil dan al-Qur'an. Walaupun secara fisikal Kitab wahyu Ilahi tersebut masih ada namun jarang sekali orang yang mahu mengamalkannya. Meskipun ayat-ayat al-Qur'an masih dikumandangkan tapi nilai-nilai Qurani telah mula dianggap asing di muka bumi.
Pada akhirnya, Islam benar-benar luntur sampai manusia tidak mengenal lagi syariat. Kelak ada satu masa para orang tua yang sudah uzur hanya mengenal kalimat “laa ilaaha illallah” namun tidak tahu sama sekali apa itu solat, apa itu puasa, apa itu zakat, dan apa itu haji. Islam tinggal nama dan simbol-simbolnya saja. Masjid-masjid menjadi Muzium peninggalan kejayaan Islam dan pusat-pusat pengajian diubah menjadi tempat perlancongan sejarah.
Lenyapnya ilmu agama tidak lain karena generasi tua, para ulama, guru-guru agama telah wafat semua sementara generasi muda tidak ada yang berminat memperdalam ilmu al-Qur'an dan al-Hadith. Hilangnya agama berarti tertutupnya jalan ke Syurga yang tertinggal hanya kebodohan, kesesatan dan kemaksiatan.Nauzubillahi min dhalik.
4048 – حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ، عَنْ زِيَادِ بْنِ لَبِيدٍ، قَالَ: ذَكَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْئًا، فَقَالَ: «ذَاكَ عِنْدَ أَوَانِ ذَهَابِ الْعِلْمِ» ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ يَذْهَبُ الْعِلْمُ، وَنَحْنُ نَقْرَأُ الْقُرْآنَ، وَنُقْرِئُهُ أَبْنَاءَنَا، وَيُقْرِئُهُ أَبْنَاؤُنَا أَبْنَاءَهُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ؟ قَالَ: «ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ زِيَادُ إِنْ كُنْتُ لَأَرَاكَ مِنْ أَفْقَهِ رَجُلٍ بِالْمَدِينَةِ، أَوَلَيْسَ هَذِهِ الْيَهُودُ، وَالنَّصَارَى، يَقْرَءُونَ التَّوْرَاةَ، وَالْإِنْجِيلَ لَا يَعْمَلُونَ بِشَيْءٍ مِمَّا فِيهِمَا؟»
__________
[حكم الألباني] صحيح
… Nabi SAW. bercerita tentang masa hilangnya ilmu, aku (ziyad) bertanya: “Wahai Rasulullah bagaimana ilmu boleh hilang sedangkan kami terus membaca al-Qur'an dan kami membacakannya pada anak-anak kami dan anak-anak kami mengajarkan pada anak-anak mereka dan keturunan-keturunan kami sampai hari kiamat. Nabi menjawab: “Celaka engkau Ziyad, bukankah aku tahu engkau laki-laki yang paling faham di kota Madinah ini. Bukankah Yahudi dan Nasrani saat ini masih membaca Taurat dan Injil, mereka tidak mengamalakan sedikitpun dari kedua kitab suci tersebut”.
[Hadith Sunan Ibnu Majah No.4048 Kitabul Fitan]

4049 – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” يَدْرُسُ الْإِسْلَامُ كَمَا يَدْرُسُ وَشْيُ الثَّوْبِ، حَتَّى لَا يُدْرَى مَا صِيَامٌ، وَلَا صَلَاةٌ، وَلَا نُسُكٌ، وَلَا صَدَقَةٌ، وَلَيُسْرَى عَلَى كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِي لَيْلَةٍ، فَلَا يَبْقَى فِي الْأَرْضِ مِنْهُ آيَةٌ، وَتَبْقَى طَوَائِفُ مِنَ النَّاسِ الشَّيْخُ الْكَبِيرُ وَالْعَجُوزُ، يَقُولُونَ: أَدْرَكْنَا آبَاءَنَا عَلَى هَذِهِ الْكَلِمَةِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، فَنَحْنُ نَقُولُهَا ” فَقَالَ لَهُ صِلَةُ: مَا تُغْنِي عَنْهُمْ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَهُمْ لَا يَدْرُونَ مَا صَلَاةٌ، وَلَا صِيَامٌ، وَلَا نُسُكٌ، وَلَا صَدَقَةٌ؟ فَأَعْرَضَ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ رَدَّهَا عَلَيْهِ ثَلَاثًا، كُلَّ ذَلِكَ يُعْرِضُ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْهِ فِي الثَّالِثَةِ، فَقَالَ: «يَا صِلَةُ، تُنْجِيهِمْ مِنَ
النَّارِ» ثَلَاثًا
__________
[حكم الألباني] صحيح
… Rasulullah SAW. bersabda: “Lunturnya Islam sebagaimana lunturnya warna pakaian, sehingga umat tidak mengenal lagi apa itu puasa, apa itu solat, apa itu ibadah haji dan apa itu zakat. Dan lenyapnya Kitabillah azza wajalla dalam satu malam maka tidak ada tertinggal di bumi satu ayatpun. Dan tertinggal golongan manusia yang terdiri dari orang-orang tua renta laki-laki dan perempuan. Mereka berkata: “Orang tua kami mengajarkan kalimat ini : “Laa ilaaha illallah”, dan kami sekarang mengucapkannya … al-hadith
[Hadith Sunan Ibnu Majah No.4049 Kitabul Fitan]

No comments: